Buka Cerita

Peduli Isu Kesehatan Mental Bersama @petualanganmenujusesuatu

Tabumania, isu kesehatan mental saat ini banyak dibicarakan untuk semakin meningkatkan kepedulian terhadap isu ini. Salah satunya melalui komik kesehatan mental di instagram yaitu @petualanganmenujusesuatu

Komik kesehatan mental @petualanganmenujusesuatu dibuat untuk meningkatkan kepedulian tentang kesehatan mental melalui storytelling. @petualanganmenujusesuatu memiliki karakter utama yaitu makhluk berwarna jingga (orange) yang bernama Blob. Karakter Blob ini digambarkan mirip sebuah jelly yang bisa berubah-ubah bentuknya. Kalau menurut Christopher Kevin, salah satu co-founder @petulanganmenujusesuatu Blob ini adalah makhluk yang sedang mengalami depresi. Ia digambarkan memakai topi dan di atas topinya ini ada makhluk hitam kecil yang merupakan karakter perwujudan depresinya Blob. Makhluk hitam ini bernama Depresso (Youtube Gema TV PNJ). Blob melalui akun instagram @petualanganmenujusesuatu berusaha berbagi tentang perasaan-perasaanya, tentang petualangannya mencari jati dirinya melalui masalah-masalah sosial yang dekat dengan lingkungan sekitar.

Blob diluncurkan pertama kali pada 28 Juni 2018. Hingga saat ini Blob telah memiliki 66 ribu follower. Para follower @petulanganmenujusesuatu disebut sebagai para pencari. Sementara itu nama Petualangan Menuju Sesuatu diartikan bahwa setiap orang memiliki petualangannya menuju sesuatu.”Sesuatu tersebut bisa berupa hope atau harapan, ada yang looking for love atau mencari cinta kasih dan petualangan mencari jati diri.”kata Christoper Kevin di Youtube Gema TV PNJ. Sementara itu menurut Livia Angelica co-founder @petualanganmenujusesuatu lainnya, Blob itu berpetualang jadi masih belum menemukan atau belum tahu menjadi apa dan bentuknya bisa berubah-ubah. “Sama seperti bentuk kita itu bisa berubah-ubah sesuai pengalaman kita. Sedangkan warna orange pada Blob itu mencerminkan optimisme. Mencerminkan bahwa semua makhluk selalu berusaha mencapai yang lebih baik.”kata Livia di Youtube Ibunda.

Fokus @petualanganmenujusesuatu adalah membicarakan isu kesehatan mental. Keberadaan Blob menjadikan isu kesehatan mental bukan sesuatu yang berat untuk dibicarakan. Hal ini memang menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian para co-founder @petualanganmenujusesuatu. Menurut Samantha Theonata, salah satu co-founder lainnya, mereka berusaha menerjemahkan bahasa psikologi yang sulit dimengerti menjadi mudah dipahami dan dicerna. Apalagi target audience komik ini adalah remaja. Sebelum membuat komik mereka melakukan riset dengan mewawancarai dosen psikologi maupun diskusi atau perbincangan sehari-hari (Youtube Ibunda).

Blob mengajak para pencari (follower) untuk menghadapi setiap permasalahan yang ditemui. Selain itu Blob juga berusaha menjadi teman bagi para pencari yang tengah memiliki permasalahan berkaitan dengan kesehatan mental. Misalnya pada episode “30 Alternatif dari Menyakiti Diri Sendiri”. Pada episode ini Blob memberikan 30 alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengalihkan diri dari upaya untuk menyakiti diri sendiri. Terlihat sederhana, tetapi postingan ini bisa jadi memberikan pencerahan bagi pembaca yang memang sedang mengalami permasalahan serupa, tetapi enggan membicarakannya dengan orang lain.

Blob tidak hanya menceritakan pengalamannya sendiri. Namun, @petualanganmenujusesuatu juga membuka kesempatan bagi para pencari untuk menceritakan kisah mereka. Kisah para pencari yang telah dikurasi lalu dijadikan komik dan diunggah di @petualanganmenujusesuatu. Kisah para pencari ini disebut #JurnalPencari. Bisa dikatakan Jurnal Pencari merupakan sebuah program kolaborasi antara @petualanganmenujusesuatu dan para pencari. Para pencari ini ada yang disebutkan namanya, tetapi ada juga yang anonim, sehingga para pencari tidak perlu khawatir untuk bercerita mengenai pengalaman atau permasalahannya.

Isu kesehatan mental memang bukan masalah sepele. Sayangnya, permasalahan ini masih sering dianggap sebelah mata. Stigma negatif masih melekat kuat. Saking kuatnyanya sampai-sampai orang enggan untuk mengungkapkan permasalahannya. Bahkan menunda-nunda untuk mencari pertolongan. Orang bisa dengan mudah mengatakan sedang sakit flu, diare, demam dan lainnya. Namun, orang enggan mengatakan kalau sedang menderita cemas berlebihan, bahkan berpikiran untuk bunuh diri. Padahal dua hal tersebut sama-sama menunjukkan sebuah penyakit yang diderita dan membutuhkan pengobatan atau penanganan. Salah satu bentuk penanganan yaitu dengan bercerita dengan orang yang tepat.

Nah, keberadaan @petualanganmenujusesuatu bisa menjadi sebuah harapan bagi orang-orang yang memiliki masalah mental, tetapi enggan untuk membicarakan. Keberadan Blob dan Depresso mewakili apa yang tengah dirasakan para pencari, tetapi sulit untuk diungkapkan. Melalui @petualanganmenujusesuatu para pencari bisa menemukan teman untuk berbicara yaitu Blob dan juga para pencari lainnya. Cara yang dilakukan untuk berkomunikasi dengan mereka yaitu melalui Direct Message (DM) maupun kolom komentar setiap unggahan komik. Keberadaan Blob ini juga sebagai bentuk penegasan bahwa setiap orang memiliki permasalahan dan para pencari tidak sendirian.

Tabumania, keberadaan @petualanganmenujusesuatu menjadikan pembahasan isu kesehatan mental dengan cara yang menarik. Bentuk Blob yang lucu menggemaskan dan warna yang cerah tidak membosankan untuk selalu dinanti cerita setiap harinya. Tidak hanya memberikan pencerahan tentang isu kesehatan mental, tetapi juga membuat orang merasa tidak sendiri untuk membicarakan permasalahannya terkait kesehatan mental. Nah, Tabumania juga mengikuti komik @petualanganmenujusesuatu atau tidak? Bagaimana menurut kalian?

0 comments on “Peduli Isu Kesehatan Mental Bersama @petualanganmenujusesuatu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: