Buka Layar

Rawat Diri, Tekuni Hobi

Tabumania, tahu dong kalau di bulan Maret 2021, itu sudah satu tahun Indonesia terkena dampak pandemi Covid-19. Coba diingat-ingat, apa perasaan yang muncul waktu itu, saat pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar, yang diikuti oleh sejumlah aturan perusahaan untuk menerapkan work from home? Atau bagi anak kuliahan yang tadinya bisa memobilisasi organisasi kampus dan bikin aksi di ruas-ruas jalan, harus tiba-tiba kuliah online?

Barangkali ada perasaan sedih ya, karena belum bisa kumpul bareng teman kerja maupun teman kuliah. Kangen bisa aksi dan orasi di atas mobil komando, kangen bisa dengerin teman curhat sambil nangis-nangis. Kangen ya? Itu semua belum dapat dilakukan bebas saat ini, karena harus tetap mematuhi anjuran untuk tidak berkerumun dan menjaga jarak.

Akan tetapi, meski ruang gerak dan aktivitas masih terbatas, toh pandemi tetap membawa cerita menarik lainnya, lho! Gimana enggak, lha wong sudah setahun beradaptasi dengan perubahan gaya dan pola hidup, kok. Sudah terbiasa kerja dari rumah, terbiasa berjam-jam ikut kuliah/seminar online, terbiasa pula ikut aksi-aksi online, pokoknya sudah tahu celahnya cari kesibukan selama pandemi.

Nah! Bicara tentang hal-hal baru yang bisa dicoba, ada beberapa tips yang dapat dibagikan khususnya bagi Tabumania yang selama ini memiliki kepedulian pada kerja-kerja sosial nih. Soalnya di masa pandemi, para pekerja sosial ini, bahkan harus kerja ekstra karena terjadi peningkatan kasus kekerasan yang harus mereka tangani selama pandemi. Bentuk kasus kekerasannya pun beragam; dari kekerasan seksual, kekerasan gender berbasis online, maupun kekerasan ekonomi. https://qbukatabu.org/2020/07/13/jangan-pungkiri-segera-pulihkan-korban-kekerasan-selama-pandemi/

Selain itu, rutinitas baru terkait diskusi/seminar melalui online rupanya lebih menguras energi dibandingkan bertemu fisik, lho! Bayangin aja berjam-jam ngomong sama layar, udah gitu kamera dimatiin pula, siapa yang nggak lelah, sih?!

Oleh karena itu, jika Tabumania sudah kehabisan ide mau ngapain lagi sih di masa pandemi ini, barangkali tips ini dapat menjadi salah satu hobi/inspirasi ya.

  • Memasak

Jika Tabumania sudah bosan jajan/pesan online, memasak dapat menjadi hobi baru yang patut dicoba. Agar proses memasak menjadi menyenangkan, memiliki dapur dan peralatan memasak akan lebih baik. Namun, tenang saja, bagi perantau yang memilih ngekos biasanya ada fasilitas dapur umum yang bisa digunakan atau dapat menggunakan peralatan umum seperti magic jar untuk membuat aneka kue lho! Rajinlah memilah menu favorit/menu baru yang ingin dicoba. Memasak juga dapat membantu seseorang untuk fokus dan menjadi salah satu aktivitas yang membahagiakan. Terutama bagian cuci piringnya ya hehe.

  • Yoga

Saat ini, ada berbagai aplikasi yang dapat membantu Tabumania untuk melakukan yoga, baik dari gerakan yang ringan hingga gerakan yang membutuhkan skill. Yoga turut mengajarkan pengaturan pernafasan dan berfungsi untuk relaksasi badan. Cocok banget buat dicoba, setelah seharian duduk bikin laporan.

  • Bercocok tanam

Meskipun judulnya bercocok tanam, aktivitas ini tidak selalu melibatkan cangkul dan tanah. Soalnya, kini sudah cukup ngetren merawat tanaman kaktus dan tanaman hidroponik yang cukup mudah perawatannya. Tabumania dapat memanfaatkan area yang terkena banyak sinar matahari dan barang daur ulang seperti plastik bekas botol minuman untuk tempatnya. Jika ingin mencoba jenis tanaman lainnya, bisa juga lho menanam sayur-sayuran, lumayan buat tambahan bikin mie instan. Nah, bercocok tanam juga berfungsi sebagai pelepas stres dan hitung-hitung membantu sirkulasi udara di rumahmu.

  • Memelihara/merawat binatang

Bagi yang memiliki rumah, mungkin memelihara binatang tidak menjadi masalah, tetapi bagi yang tinggal di kos-kosan mesti pandai memilih binatang yang dapat dipelihara tanpa mengganggu penghuni lainnya. Memelihara ikan di dalam aquarium juga menjadi salah satu hobi yang bisa dijalankan, tinggal pilih aja jenis ikannya. Akan tetapi ingat ya, ketika memutuskan memeliharanya maka harus bertanggung jawab dengan kehidupannya, jangan sampai lupa dikasih makan. Selain itu, Tabumania juga dapat memelihara/merawat binatang lain tanpa harus menyimpannya di dalam rumah. Misalnya dengan berkunjung ke penampungan binatang dan berinteraksi dengan berbagai jenis anak bulu juga dapat membantu mengurangi stres, lho!

  • Menggambar/melukis

Kalau hobi ini, sepertinya sudah banyak yang mencoba dan menekuninya. Tidak perlu takut hasilnya akan jelek, yang penting kita mendapatkan ruang untuk melepaskan kepenatan dan kecemasan di dalam sebuah gambar. Menggambar juga dapat digunakan sebagai salah satu media untuk mengasah kreativitas, seru kan!

Lima tips di atas dapat dicoba, tentukan mana yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginanmu. Kenali juga bahwa merawat diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukai itu sama pentingnya dengan merawat orang lain. Kenali setiap emosi yang timbul di masa pandemi ini dan kelola emosi tersebut agar tidak menjadi penyakit.

Kesehatan tubuh, perasaan, dan pikiran harus tetap terjaga agar tetap dapat produktif di hari-hari yang akan datang. Dengarkan kemauan dirimu, tentukan apa yang ingin dilakukan, dan beri penghormatan atas pilihan tersebut.

Nah, kalau Tabumania apa hobi baru yang sudah kamu tekuni di masa pandemi ini?

About Ino Shean

Ino Shean, bukan nama yang sebenarnya. Menurut weton terlahir sebagai orang yang ambisius, urakan tapi mempesona dan penuh kasih sayang. Aktif dalam gerakan, komunitas dan organisasi di isu seksualitas sejak usia 18 tahun. Suka membaca novel, olahraga dan masih bercita-cita menjadi vegetarian. Pecinta film Marvel and DC! Dapat dihubungi lewat IG @ino_shean

0 comments on “Rawat Diri, Tekuni Hobi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: