Buka Imaji Buka Perspektif

Selama Kampanye, Paslon 01 dan 02 Bilang Apa tentang Perempuan dan LGBT di Media?

Sepanjang Februari-April 2019, Qbukatabu melakukan analisa pemberitaan media di Kompas, Tempo dan Tirto yang memuat berbagai pernyataan tentang perempuan dan LGBT yang disampaikan Pasangan 01 (Jokowi- Ma’ruf Amien) dan Pasangan 02 (Prabowo-Sandiaga Uno) selama masa kampanye. Analisa ini memiliki fokus pada tiga hal, yaitu: a) jumlah pemberitaan tentang perempuan dan LGBT; b)  frekuensi,  ragam bahasa,  narasi  serta isu  yang  digunakan, disoroti  dan  diamplifikasi tentang perempuan disoroti  dan  diamplifikasi tentang perempuan; c) respon terhadap pesan bermuatan LGBT

Analisa media ini diharapkan dapat berguna bagi Tabumania sebagai rekam jejak para kontestan Pilpres dalam menempatkan isu dan identitas perempuan dan LGBT dalam kerangka visi mereka sebagai calon pemimpin bangsa. Kampanye politik seharusnya bukan menjadi ajang untuk meneguhkan politik kebencian, melainkan sarana pendidikan publik untuk melakukan transformasi sosial yang setara dan damai. 

Untuk tahu lebih lanjut, Tabumania bisa unduh laporannya di sini

Portal pengetahuan dan layanan tentang seksualitas berbasis queer dan feminisme. Qbukatabu diinisiasi oleh 3 queer di Indonesia di bulan Maret 2017. Harapannya, Qbukatabu bisa menjadi sumber rujukan pengetahuan praktis dan layanan konseling yang ramah berbasis queer dan feminisme; dan dinikmati semua orang dan secara khusus perempuan, transgender, interseks, dan identitas non-biner lainnya.

0 comments on “Selama Kampanye, Paslon 01 dan 02 Bilang Apa tentang Perempuan dan LGBT di Media?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: