Buka Perspektif Buka Ruang

Menyusuri Damai

Tabumania, damai menjadi kata yang tidak asing bagi kita. Ia seringkali kita lihat dan dengar di berbagai tempat dan waktu. Mulai dari dua jari yang selalu diacungkan sembari bernyanyi ketika konser Slank digelar, slogan dalam rangka promosi berbagai destinasi wisata untuk melepas penat dan lelah, pesan para pemimpin dan tokoh dalam berbagai pidatonya, hingga kesepakatan tertulis untuk menandakan fase konflik bersenjata atau kekerasan komunal menuju tahap penyelesaiannya.

Damai menjadi energi untuk membangun dan merawat kehidupan. Di wilayah-wilayah di Indonesia yang memiliki sejarah konflik yang panjang, ia menjadi upaya untuk keluar dari budaya yang diwarisi dari satu generasi ke generasi dimana tak jarang identitas sosial tertentu, seperti agama, etnis, dan gender, menjadi patut untuk diasingkan, ditundukkan, dipisahkan dan dibenci. Disisi lain, damai juga masih diidam-idamkan di tengah situasi yang katanya sudah damai sekalipun. Hal ini karena ketidakadilan masih saja mengakar dan hirarki sosial terus menerus dipertahankan.

Di edisi Qbukatabu bulan ini, Tabumania akan diajak untuk bersama-sama menengok sejenak ke beberapa situasi yang terjadi di Indonesia tentang bagaimana seharusnya damai dimaknai dan dirawat berbagai kelompok dari lintas generasi, lintas geografi dengan cara yang beragam.

 

 

About Edith

Yulia Dwi Andriyanti, biasa dipanggil Edith. Salah satu penggagas Qbukatabu dan berperan sebagai Editor in Chief. Memiliki minat yang besar di topik feminisme, queer, gerakan sosial, keimanan, memori dan emosi kolektif, sosiologi, filsafat dan hak asasi manusia. Pecinta serial Fruitbasket, Little Prince, suka menyanyi, nonton film dan pertunjukan, bisa sedikit main gitar dan ukulele. Ingin terus menulis, termasuk di blog sendiri: queerinlife.blogspot.com

0 comments on “Menyusuri Damai

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: