Buka Layar

Ngelepasin Stres Cuma Bisa Lewat Jalan-Jalan? Pantengin Dulu Yang Satu Ini!

“Liburan yuk, stres banget nih”

“ Hih boro-boro liburan cin, bisa bayar kontrakan aja syukur”

Nggak asing sama percakapan di atas? Sama dong. Suka gak suka, itu emang realita yang kita hadapin sehari-hari, Tabumania. Buat sebagian orang liburan jadi cara buat ngelepas stres karena kerjaannya, kisah cintanya, urusan keluarganya atau apa-apa yang bikin tegang leher belakang. Kan enak tuh ya leyeh-leyeh, makan enak, liat pemandangan bagus, jalan-jalan, foto-foto terus upload deh pakai hastag #metime atau #liburanQ. Selamat datang di surga!

Bukan rahasia kalau di zaman now dengan segala kemudahannya, banyak banget milenial yang ngejalanin ritual “nyicil” buat memenuhi hasrat, gengsi dan kehedonan. Nce rasa banyak dari kita yang udah paham betul sampe jadi pelanggan setia aplikasi pinjaman online. Bukan cuma duta alias duit aja nih yang dipinjamin, tapi juga kemewvahan lainnya kaya’ bisa beli tiket pesawat atau bookingan hotel tanpa harus bayar di awal. Nah, cara-cara pakai dulu bayar nanti ini, juga banyak diambil sama orang-orang buat liburan dadakan karena mau ngelepasin stres. Alemong kan ya, namanya ada unsur nyicil ya pasti ujung-ujungnya ada ritual tagihan yang ngebawa embel-embel biaya tambahan lainnya. Nah kalau udah gini apa iya liburan bisa jadi cara buat ngelepas stres kita-kita yang sobat misqueen ini?

Kalaulah liburan itu satu-satunya cara buat ngelepas stres, bisa jadi cuma yang tajir melintir yang bisa ngejalaninnya. Sementara stres atau perasaan menekan yang bikin gak nyaman itu, udah jadi teman hidup tiap orang di belahan dunia manapun, gak pandang gender, suku atau usia.

Jangan sedih, dalam tulisan ini Nce bakal berbagi pengalaman tentang apa yang biasanya Nce perbuat buat ngelepas stres akibat menghadapi dunia yang semakin gila. Nah, semua metode ini Nce namakan wellnessnya Nce. Eit biar sepemahaman Nce bagi tau dulu ni, wellness yang dimaksud disini adalah merawat diri, artinya bisa dilakukan waktu stres atau sebelum stres. Yah dijadiin kegiatan yang dilakuin sehari-hari gitu. Jadi jangan cuma dilakukan pas lagi stres ala-ala pemadam kebakaran. Makanya butuh komitmen cin buat tetap ngelakuinnya walaupun lagi enggak stres. Supaya pas ada stimulus yang bikin pusing kita bisa tetap woles dan sadar. Hasilnya bikin kita gak cepat kesulut emosi yang membara. Ada tiga macam metode yang mau Nce bagiin yang bentuknya latihan nafas, goyang badan sama pijat kepala.

Mungkin Tabumania pernah dengar atau baca tentang latihan nafas. Kalau fans-fansnya abang Reza Gunawan pasti udah pada tau metode yang satu ini. Latihan nafas ini gunanya bisa bikin kita lebih rileks karena badan kita bakal dapat kesempatan buat maksimalin oksigen yang kita ambil waktu kita bernafas. Jadi Tabumania, biasanya waktu orang ketemu atau ngehadapin sesuatu yang bikin dia tertekan atau esmosi kebanyakan nafasnya jadi gak teratur terus badannya jadi kekurangan oksigen. Alhasil pusing deh tu kepala atau leher jadi tegang. Nah si latihan nafas ini, buat nampol kesadaran kita yang lagi dibajak sama esmosi tadi supaya balik lagi. Kabar baik buat kamu yang manusia rebahan atau aliansi mager sedunia karena gak perlu ritual khusus atau sesajen buat ngelakuinnya. Kamu cukup  memastikan kalau punggung kamu dalam keadaan tegak. Terus ambil nafas perut maksudnya pas kamu ngambil nafas pastikan yang ngembung itu perut bukan dada. Kalau kamu sanggup kamu bisa pake cara ngambil nafas dalam 4 hitungan, terus tahan 7 hitungan terus jangan lupa dilepas nafasnya dalam 8 hitungan kalau bisa nih sambil buka mulut terus ngebisikin ha selama 8 hitungan. Buat Tabumania yang gak mampu nahan 7 hitungan ya nafas semampunya aja aja jangan malah maksain diri terus pengsan, bisa alemong.

Hal lain yang biasa Nce buat kalau lagi stres adalah menggoyangkan badan. Menurut Nce itu tokcer beud buat manggil lagi kesadaran yang dibajak sama emosi negatif. Nce gak tau apa ada penelitian ilmiahnya atau ada riset sebab akibatnya tapi  biasanya kalau abis menggoyangkan seluruh badan Nce jadi merasa berdaya aja. Terus tiba-tiba seakan semua kesaktian mulai balik jadinya bisa berfikir lebih jernih, ya kalau gak jernih-jernih amat paling enggak sadarlah. Namanya juga lagi gundah gulana eim. Sampe suatu hari Nce dapat bocoran dari satu dari dayang-dayang Nce di khayangan kalau ada metode yang mirip sama yang Nce lakuin namanya Qigong.

Qigong ini masuk salah satu seni bela diri dari China sana, tapi dibandingkan beladirinya Qigong ini lebih cenderung buat relaksasi. Prinsipnya sama kaya yang Nce terangin di atas. Tapi nih ya perlu diingat kalau waktu ngelakuinnya pastiin badan kamu dilemesin alias rileks. Nah buat Tabumania yang punya masalah tulang, sendi atau apapun yang kira-kira bakalan kumat abis bergerak, Nce saranin buat konsultasi ke doktermu sebelum melakukan Qigong ini eim.

Nah Kalau di tempat umum atau di depan orang yang disegani kaya emak, nenek atau keluarga lainnya, gak mungkin kan tiba-tiba ngegoyangin badan. Tar malah dikira kesurupan bisa alemong heboh sebangsa setanah air. Nah kalau udah begini biasanya Nce ngeluarin jurus jit shin jyutsu atau jari ajaib. Dari namanya uda kecium bau-bau negara asalnya kan Tabumania? Yap jit shin jyutsu asalnya dari Jepang. Katanya nih jurus jari ajaib ini dipakai buat mengatasi lima emosi negatif yang ada di manusia yaitu khawatir, cemas, marah, sedih dan merasa kecil atau ciut.

Jurus jari ajaib ini mungkin jawaban dari doa-doa para manusia rebahan dan anggota aliansi mager sedunia. Karena bisa dilakukan dalam posisi apapun, jadi kamu gak perlu repot-repot turun dari singgasanamu. Cukup menggenggam bukan meremas. Apa yang digenggam? Tangan si dia? Bukan. Jadi nih kamu bisa menggenggam ibu jarimu dengan tangan yang satunya ketika merasa khawatir, jari telunjuk waktu merasa cemas, jari tengah waktu merasa marah, jari manis waktu merasa pait eh sedih maksudnya dan jari kelingking waktu merasa ciut atau merasa kecil. Buat perawatan sehari-hari enaknya nih melakukannya 3-5 menit perjari sebelum tidur. Kalau pas ada kejadian yang memicu emosi tertentu, bisa pilih jari sesuai sama emosi yang dirasain terus gengam deh 10 – 20 menit.  Nah teknik ini bisa gak bekerja kalau, waktu kamu marah kamu menggenggam jari tengah pak RT.

Ada satu ritual sepele yang sering Nce perbuat waktu ngerasa stres yaitu gak lain dan gak bukan adalah sisiran. Yap bener-bener sisiran. Buat Tabumania yang gak tau nih, sisiran adalah kegiatan yang dilakukan dengan menggunakan sisir yang disisirkan ke kepala Tabumania. Nce gak bilang rambut ya tapi kepala. Jadi biasanya nih Nce pakai sisir yang bidangny itu bulat terus nce tempelkan dia ke kulit kepala terus gerakin deh dari dahi ke kepala belakang. Nce tau kegiatan ini dari seorang teman yang dia orang Medan. Menurut dese ini bisa melancarkan peredaran darah. Tadinya Nce gak percaya tapi sering-sering Nce praktekin sebelum bobo atau pas esmosi melanda ternyata enak juga. Nah terus jadi kepo kan eke cin kok bisa pula kayak gitu kan, eke cari-cari lah kan. Rupanya ada satu metode yang masuk ke latihan Qigong yang seni beladiri dari Cina tadi, mirip sama urusan sisir menyisir rambut. Namanya ten dragons run through the forest for thick healthy hair, alamak panjang kali bahasa Inggris pula kan, kita sebut metode sepuluh naga aja lah ya. Kalau di metode sepuluh naga itu pakai jari sisirnya bukan pake sisir bulat kaya yang diviralkan kawanku itu. Tapi menurut eke sama aja sih. Katanya nih metode sepuluh naga itu adalah metode yang tokcer buat ngerangsang titik akupresur di kulit kepala yang mana bisa buat ningkatin pertumbuhan rambut, hilangin sakit kepala karena stres, ketegangan leher, galau sama bikin mood kita baik lagi.

Nah Tabumania, itu tuh hal-hal sederhana yang Nce lakukan dalam rangka merawat diri ataupun dalam rangka mengatasi stres. Bukan berarti itu yang paling bener, kalau cocok di kamu ya bagus, kalaupun gak cocok ya gak apa. Karena tiap manusia itu punya metodenya masing-masing eim. Buat kamu yang punya metode-metode lain buat ngerawat diri atau ngatasin stres boleh loh dibagi di kolom komentar atau kalau kamu mau cerita-cerita, curhat-curhat manja atau berbagi pengalaman boleh loh ngehubungi Buka Layanan Qbukatabu di nomor whatsapp +62 853 1436 4084 atau lewat email di : bukalayanan@protonmail.com . Buka Layanan bakal tetap menyimpan ceritamu menjadi rahasia kita berdua.

 

 

 

 

Buka layanan hadir untuk menjadi ruang bagi Tabumania untuk mendapatkan infornmasi dan berbagi cerita tentang permasalahan yang dihadapi oleh Tabumania, melalui layanan konseling yang ramah. Tabumania bisa mengakses #BukaLayanan melalui e-mail (bukalayanan@protonmail.com) atau WhatsApp (0853 1436 4084)

0 comments on “Ngelepasin Stres Cuma Bisa Lewat Jalan-Jalan? Pantengin Dulu Yang Satu Ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: