Buka Imaji

Budayakan Melek Ragam Seksualitas

 

Melani Budianta, seorang pelopor perkembangan kajian budaya di Indonesia, menyatakan bahwa identitas budaya bukanlah sesuatu yang baku. Hal senada disampaikan Chimamanda, seorang penulis perempuan dari Nigeria: bukan budaya yang membentuk manusia, namun manusialah yang membentuk budaya. Manusia, memiliki daya untuk mencipta, merubah dan merefleksikan berbagai hal yang terjadi diluar dirinya. Ia pun dapat berpikir tentang diri sendiri, tentang kemanusiaannya sendiri – termasuk tentang seksualitasnya.

Di bulan ini, Qbukatabu akan mengajak Tabumania untuk melihat lebih dekat tentang ragam seksualitas melalui pemikiran dan gagasan, tulisan, serta tindakan-tindakan yang sesungguhnya merupakan perwujudan dari kesadaran. Kesadaran bahwa kondisi disekitar tak selalu memperlakukan manusia secara setara, terutama ketika membahas tentang keragaman seksualitas. Oleh karena itu, lewat memahami akar persoalan tentang ketidaksetaraan, ragam pengalaman manusia tentang seksualitas, dan upaya membangun kondisi yang lebih baik, semoga dapat menjadi lonceng pengingat serta penyemangat: bahwa Tabumania bisa turut membentuk budaya yang memandang manusia sebagai manusia, tanpa terkecuali.

 

About Edith

Yulia Dwi Andriyanti, biasa dipanggil Edith. Salah satu penggagas Qbukatabu dan berperan sebagai Editor in Chief. Memiliki minat yang besar di topik feminisme, queer, gerakan sosial, keimanan, memori dan emosi kolektif, sosiologi, filsafat dan hak asasi manusia. Pecinta serial Fruitbasket, Little Prince, suka menyanyi, nonton film dan pertunjukan, bisa sedikit main gitar dan ukulele. Ingin terus menulis, termasuk di blog sendiri: queerinlife.blogspot.com

0 comments on “Budayakan Melek Ragam Seksualitas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: